Jumat, 12 Agustus 2011

MODEL PEMBELAJARAN ( Oleh - oleh PLPG 2011 )

Oleh : MUH. ANWAR, S.Pd

MODEL – MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ( COOPERATIVE LEARNING)

Bentuk  model pembelajaran kooperatif yang  membuat siswa bekerja dalam suatu kelompok dengan  lebih banyak melakukan  dibanding kan  dengan  siswa belajar dalam system konvensional / tradisional.
Cooperative Learning merupakan  suatu macam strategi pembelajaran  secara berkelompok , siswa belajara bersama dan saling membantu dalam  membuat dan mengerjakan tugas denganpenekanan saling support diantara anggota. ( Kelough & Kelough, 1999). Dalam cooperative Learning ,keberhasilan belajar adalah keberhasilan kelompok

Prinsip-Prinsip yang Mendasari Pembelajaran  Kooperatif :
  1. Positive Interdependence ( saling ketergantungan secara positif)
  2. Face to Face Interaction ( Saling berinteraksi dan berhadapan )
  3. Individual Accountability ( Tiap anggota  harus belajara dan menyumbang demi pekerjaan dan keberhasilan kelompok.)
  4. Use of Collaborative / Social Skills ( Adanya kerja sama dan  sosialisasi dan bimbingan guru.)
  5. Group Processing ( Siswa perlu menilai bagaimana mereka dapat bekerja secara efektif).
Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam Cooperatif Learning :
  1. Hasil belajar adalah hasil kelompok
  2.  Penghargaan adlah untukkelompok , bukan perorangan.
  3. Tiap anggota saling memberi dorongan dan membantu.
  4. Guru memberi feedback  untuk kelompok.
  5. Semua angggota kelompok bertanggung jawab terhadap  tugas dan hasil kelompok.

CONTOH – CONTOH  MODEL COOPERATIVE LEARNING :
  1. Think-Pair- Share ( Berpikir ,berpasangan , dan berbagi jawaban)
  2. Think –Pair- Square ( Berpikir, berpaangan dalam kelompok segi empat )
  3. Expert Group ( Kelompok Ahli ) = Jigsaw

1. Langkah – langkah Model Pembelajaran  Think-pair- share :
  1. Guru memberi satu topik atau masalah pada siswa
  2. Siswa berpikir ( Think) tentang masalah tersebut secara individual
  3. Kemudian Siswa berpasangan ( in – pair ) melanjutkan pembicaraan dengan saling melengkapi .
  4. Siswa membicarakan topik bersama pasangannya serta saling melengkapi apa yang mereka ketahui untuk menjawab dan mencari solusi.
  5. Kemudian guru meminta beberapa siswa untuk berbagi jawaban ( share ) dengan seluruh siswa di kelas.


2. Langkap – langkap model Pembelajaran Think-pair- square :
Hampir sama dengan model Think – pair-share namun ada perbedaan pada tahap akhir.
Setelah berdiskusi dan berbagi informasi secara berpasangan , maka siswwa diminta untuk membicarakan topik tersebut dengan pasangan lain , jadi  mereka  berkelompok atas 4 anak  dan saling berhadapan membentuk empat sudut ( square )

3. Langkah – langkah Model Pembelajaran  Expert Group ( Kelompok Ahli )= Jigsaw

    1. Setiap siswa dalam kelompok diberi nomer. Semua siswa dengan nomer sama akan membentuk kelompok ahli ( expert group )
    2. Guru memberikan bahan diskusi.
    3. Siswa  mendiskudikan  bahan yang telah dibagi- bagi.Tiap bagian bahan dibahas oleh kelompok ahli
    4. Setelah pembicaraan matang, tiap kelompok ahli kembali ke kelompok asal ( home group )
    5. Setiap anggota home group membagi hasil  yang dipelajari dalam expert group kepada anggota asalnya. Mereka saling melengkapi dengan berbekal pengetahuan dari expert group.

Disarikan dari :
Muchtar, S.Pd, M.Si- 2011 – Modul Pengembangan Model Pembelajaran- PSG Rayon 15 – Universitas Negeri Malang



Maju Terus Guru Indonesia!!!!

Tidak ada komentar: