Rabu, 10 November 2010

CIRI - CIRI GURU YANG SUPER

Oleh : Pak Guru Anwar.
SUDAHKAH KITA MENJADI GURU yang SUPER ??

Seorang Guru tentu menginginkan menjadi Yang Terbaik untuk murid- muridnya maupun lembaga pendidikan ,dimana Sang Guru mengabdi. Ya profesi guru adalah sebuah pengabdian. Guru bukan hanya menyampaikan ilmu namun lebih dari itu Guru adalah Agen Perubahan. Hal ini sejalan dengan proses belajar yang mensyaratkan adanya sebuah proses perubahan. Guru juga menamkan pengertian.
Seorang Guru yang baik memiliki beberapa karakter yang harus dimiliki, diantaranya memiliki komitmen yang melekata bahwa guru menjadi pengabdian terakhir yang dimunculkan dengan mencurahkan segala potensinya untuk melakukan proses mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Semakin beratnya tuntutan seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran , saat ini terasa bertambah seiring kemajuan jaman .
Jaman dimana orang menyebutnya sebagai jaman IT, yang telah merambah semua sisi kehidupan manusia di bumi ini, menjadikan semua lini hampir tanpa jarak .
Namun jangan khawatir ada beberapa karakter dasar yang tetap harus dimiliki seorang guru jika sang Guru tetap ingin menjadi Guru Idola, Bahkan Guru Super. Apakah itu ? berikut dapat kami sebutkan diantaranya :
1. Antusias
2. Berwibawa
3. Positif
4. Supel
5. Humoris
6. Luwes
7. Menganggap siswa mampu  
8. Fasih
9. Tulus
10.Spontan
11.Menarik dan Tertarik
12.Menerima
13.Menetapkan dan memelihara harapan tinggi 
Oke... Maju terus guru Indonesia .
 
 
 
 

Tidak ada komentar: